Galeri

MODIFIKASI POWER SUPPLY KOMPUTER (SWITCHING)

Berkomunikasi menggunakan Radio Komunikasi buatan pabrik ataupun buatan sendiri (Homebrew) adalah hoby saya sejak lama, sebetulnya yang paling saya sukai adalah mengotak-atik perangkat dan alat pendukung antara lain adalah Power Supply.

Dikarenakan kebetulan di rumah ada beberapa rongsokan power komputer yang memang sudah tidak dipergunakan lagi, saya melihat kuat arus untuk keluaranya lumanya cukup untuk mensuplay satu buah radio rig, dengan power output 40 watt, begitu saya pasang langsung ternyata ada beberapa kendala seperti pada saat saya transmit ada dengung dan RF Power yang keluar juga tidak maksimal, akhirnya power supply komputer tersebut saya bongkar.

Secara umum switching PSU memiliki 2 pengontrol penting, yaitu OScilator yang digunakan untuk mencuplik arus listrik dan sebagai penentu besarnya tegangan yang dicuplik, biasanya dilakukan oleh sebuah IC TL-494 (Datasheet PDF klik disini). Dan pengaman arus dan tegangan yang biasanya dilakukan oleh IC LM-339 (Datasheet PDF klik disini).

Untuk PSU CPU pengamanan tegangan biasanya sampai dengan 16V, jadi bila memerlukan keluaran sebesar 13.8V kita tidak memerlukan modifikasi pada modul ini. Namun, bila anda membutuhkan keluaran arus lebih besar dari 18A (masing-masing PSU berbeda), maka modifikasi pada modul ini diperlukan :

Perhatikan pada bagian IC TL-494 sebelum melakukan perubahan pastikan catu daya dari jala-jala PLN dilepas,

  1. Pada pin 1 IC TL-494 ada yang terdapat 6,5 atau 4  buah resistor (tergantung, type dan merk Power Supply) yang terhubung langsung pada pin 1 IC TL-494, yaitu 3,2 paralel atau hanya 1 buah resistor ke ground, jangan lakukan perubahan apapun pada resistor yang terhubung ke ground ini. Selain itu ada 3 resistor lagi yang tersisa yaitu yang terhubung ke output +3.3V, +5V dan +12V, atau 2 resistor  yang terhubung ke output +5V dan +12V, cabut resistor-resistor  tersebut (Lihat Gambar1 di bawah).
  2. Ganti resistor 27K (terhubung ke +12V) yang telah dicabut diatas dengan sebuah resistor sebesar 10K dan hubung seri dengan Trimpot sebesar 20K, tegangan output 13.8V diperoleh pada nilai sekitar 26.6K. Anda dapat melakukan adjusting tegangan keluaran melalui trimpot tersebut.
  3. Cabut kondensator elektrolit sebesar 1500uF/16V pada keluaran +12V, lalu ganti dengan kapasitor baru dengan kapasitansi yang lebih tinggi, misal 35V, 50V, dst. Komponen ini berfungsi sebagai perata arus, jadi makin besar kapasitansinya makin bagus. Gunakan 2 buah secara paralel masing-masing sebesar 10000uF/50V (Lihat Gambar Modifikasi Pada Output Filter dibawah).
  4. Karena switching PSU membutuhkan adanya arus keluaran yang konstan dioutputnya, maka tambahkan sebuah resistor dengan nilai 100 Ohm/2W paralel dengan kapasitor diatas ini berfungsi sebagai resistor load. Hal ini akan memastikan adanya arus konstant sebesar 138mA. Jadi keberadaan resistor load ini sangat penting, dalam sebuah switching PSU.
  5. Karena hanya output 13.8V saja yang diiginkan, cabut seluruh kabel keluaran PSU standar, ganti dengan kabel yang sesuai yaitu pada keluaran +12V dan Ground yang nantinya akan dihubungkan ke radio.
  6. Untuk menghidupkan PSU ini, menggunakan Remote power ON, yaitu dengan menghubungkan port PWR (Kabel warna Hijau) ke Ground (Kabel warna Hitam) . Jadi anda perlu menambahkan kabel dan saklar untuk mengaktifkannya
  7. Langkah berikutnya merupakan rangkaian tambahan apabila pada saat dihubungkan dengan radio terdengar adanya dengungan tambahkan rangkaian PHI -Filter pada bagian Output 13,8Volt dengan 2 buah kondensator keramik sebesar 470pf, dan tambahkan induktor sebesar 100uH ini akan berfungsi mengurangi noise akibat oscilator (PWM) dari PSU Switching, tambahkan AVO Digital untuk mengetahui besaran keluaran dari PSU.

Gambar 1 (Klik untuk perbesar)

Skema TL494

 

Phi Filter

13 comments on “MODIFIKASI POWER SUPPLY KOMPUTER (SWITCHING)

  1. Om Tony saya sudah pelajari semua rangkaian diatas, dari searching yg saya lakukan saya kurang jelas pada rangkaian filter pada keluaran 13,8 V, mohon pencerahannya bagaimana rangkaiannya soalnya dari rubik yang saya baca tidak ada rangkaian dan penjelasannya, terima kasih sebelumnya

    • Baiklah Oom Ponky, sebetulnya Phi Filter hanya rangkaian optional saja namun untuk jelasnya sudah saya sertakan pada posting saya, silahkan anda lihat kembali, terimakasih

  2. maaf om, mau tanya…apakah semua merk PS punya skema yg spt om bahas diatas ? soalnya saya bingung nyari komponen2 di PS merk SUNBIO 450 watt. mohon pencerahan utk PS beda merk. makasi banyak sebelumnya

  3. saya punya power supply merk cameroon 230V/500Watt (abal2 sih, harganya paling cuma 50rb-an), OScilatornya pake IC-KA7500BD, bukan IC-TL494
    saya cek di datasheetnya sama, tp kok d power supply nya beda ya penempatan kaki2nya

    dari pin 1 KA7500BD ada jumper sm resistor 2.121KOhm (terbaca d multimeter)

    mohon bantuannya, apakah PSU yg pakai IC KA7500BD ini bisa di modifikasi juga, trims

  4. mas toni, tlg caranya mnaìkan yg 5v mjd 6/7v, dan mnurunkan 12v mjadi 8volt aq btuh tgangan sgtu mas , trims

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s